Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 07 Juli 2010

FLUIDA

     Kebanyakan bahan bisa disebut sebagai zat padat, zat cair atau gas. Sebuah zat padat umumnya mempunyai bentuk tertentu, sedangkan zat cair dan gas mempunyai bentuk yang ditetapkan oleh wadahnya masing-masing. Perbedaan pokok antara zat cair dan gas (keduanya digolongkan sebagai fluida) adalah bahwa gas akan menyebar dan mengisi seluruh wadah yang ditempatiya. Defenisi untuk membedakan zat padat dengan fluida adalah dari karakteristik deformasi dari bahan-bahan tersebut. 

     Zat padat dianggap sebagai bahan yang menunjukkan reaksi deformasi yang terbatas ketika menerima atau mengalami suatu gaya geser (shear). Fluida dapat didefenisikan sebagai suatu zat yang terus menerus berubah bentuk apabila mengalami tegangan geser, fluida tidak mampu menahan gaya geser tanpa berubah bentuk.

      Umumnya makin besar laju deformasi fluida, makin besar pula tegangan geser untuk fluida tersebut. Viskositas atau kekentalan adalah ukuran untuk menyatakan hambatan atau ketahanan fluida terhadap deformasi. 

      Fluida ideal dapat didefinisikan sebagai fluida yang tidak viskous, jadi tegangan geser dalam fluida ideal tidak ada, meskipun fluida itu mengalami deformasi. Semua fluida sejati mempunyai atau menunjukkan sifat-sifat yang penting dalam dunia rekayasa. Kerapatan , kompresibilitas, kapilaritas dan tekanan uap adalah sifat yang diminati untuk fluida dalam keadaan diam. Namun untuk fluida sejati yang bergerak memiliki sifat yang penting yaitu viskositas.

     Untuk menerangkan perilaku fluida yang makroskopis, perlu ditambahkan sifat fluida untuk mengungkapkan efek interaksi molekuler yang masih tersisa. Salah satu sifat yang paling penting dari sifat itu adalah kerapatan fluida (fluid density), yang tidak lain adalah ukuran massa atau banyak molekul per satuan volume dikalikan dengan massanya. Sebuah sifat lain yang diperlukan karena gerak molekuler yang acak adalah tekanan fluida (fluid pressure). Tekanan fluida pada suatu permukaan zat padat adalah jumlah semua gaya normal persatuan luas akibat benturan molekul-molekul fluida dengan permukaan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar